Sejarah Desa Klumpit

04 Februari 2023 00:00:00

Admin Klumpit

106 Kali dibaca

Sejarah berdirinya Sejarah Pemerintah Desa Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, pertama kali di pimpin oleh Bapak Basrun 1947, Bapak Ihsan menjabat dari tahun 1955 sampai dengan 1962, Bapak Karsiman menjabat pada tahun 1962 sampai dengan 1966 di pimpin oleh Kepala Desa Klumpit yang bernama Judi Jarwono, pada 1967 dijabat Plt. Kepala Desa Bapak Sukarno. Pada tahun 1968 kantor Kepala Desa Klumpit sementara menggunakan rumah Bapak Syamsudini. Pada tahun 1973, kantor Kepala Desa Klumpit pertama kali dibangun diatas tanah bondo deso denga dana pembaguna sebesar Rp. 15.145.000,- (lima belas juta seratus empat puluh lima ribu rupiah) pada tahun 1974 dana tersebut bersumber dari swadaya masyarakat desa dan hasil lelang tanah bondo desa. Pendirinya adalah Bapak Syamsudini yang beralamat di Rt.03 Rw.01 Desa Klumpit. Bapak Syamsudini menjabat sebagai Kepala Desa dari tahun 1968 sampai dengan 1988, pada tahun 1998 sampai dengan 2005 Kepala Desa dijabat oleh Bapak Kusnadi. Pada tahun 2006 PJ Kepala Desa Klumpit  dijabat oleh Bapak Syukur. Pada bulan Agustus 2006 sampai dengan 4 Agustus 2013 Kepala Desa Klumpit dijabat oleh Bapak Muh Iskandar, pada bulan 6 Agustus 2013 sampai dengan 16 Desember dipimpin oleh PJ Kepala Desa Klumpit Bapak Syukur. Pada tanggal 17 desember 2013 kepala Desa Klumpit mulai dijabat oleh bapak subadi sampai dengan sekarang.

Desa Klumpit termasuk desa di wilayah kecamatan Gebog yang terletak sekitar di lereng Gunung Muria. Desa ini terletak sekitar ±8 km dari puncak gunung Muria. Desa ini berada ±10 km sebelah barat laut dari pusat Pemerintahan Kabupaten Kudus. Desa Klumpit ini terbagi atas beberapa dukuh yaitu : Pedak Wetan RW 01,  Santren RW 02,Ngaringan Grobog RW 03 , Kalilopo RW 04, Klumpit RW 05, Ngaringan RW 06, Modinan RW 07, Pedak Kulon RW 08.

 

Batas-batas wilayah Desa Klumpit :

  • Barat    : Desa Getassrabi.
  • Timur   : Desa Karangmalang, Desa Gribig
  • Selatan : Desa Gribig dan Karangampel
  • Utara    : Desa Sudimoro, Padurenan 

 

Kondisi Lingkungan Saat memasuki wilayah desa ini, sejuk dan asri bisa dirasakan setiap orang yang memasukinya. Hal ini dikarenakan kondisi desa yang masih banyak persawahan dengan tekstur tanah yang sedang dan sebagian dengan tanah liat. Masalah air bersih disini tidak menjadi sebuah masalah karena sumber air disini bersumber langsung dari alam. Hampir di setiap rumah memiliki sumur- sumur sendiri. Kebersihan juga tetap selalu menjadi perhatian di desa ini. Untuk menjaga kebersihan lingkungan desa, warga biasanya mengadakan kerja bakti pada hari- hari libur. Sehingga desa ini tetap terjaga kebersihannya. Mata  pencaharian Penduduk Desa ini mempunyai mata pencaharian yang beragam. Sebagian diantara mereka ada yang wiraswasta, petani, PNS, pegawai swasta, dan masih banyak yang lain. Namun rata-rata warga desa ini bekerja sebagai buruh.


Potensi SDM Sumber Daya Manusia di Desa ini cukup baik. Banyak diantara warga yang mempunyai kreatifitas yang berkualitas. Ketrampilan- ketrampilan warga meliputi; konveksi (menjahit), pengrajin batu bata, pengrajin kayu, ukir  yang biasa digunakan untuk perabot rumah, mengajar dll.


Di desa ini terkenal sebagai desa konveksi karena banyak dari warganya yang mendirikan konveksi pakaian. Produk yang dihasilkan adalah busana muslim wanita, hem, koko, mukena, dan kerudung. Biasanya mereka langsung memasarkan ke pasar- pasar luar kota Kudus, seperti Rembang, Demak, Juwana, bahkan hingga Jawa Timur.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Back Next

Media Sosial

Peta Lokasi Kantor

Alamat:Jl Raya Santren-Klumpit Rt 0302 Desa Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus
Desa :Klumpit
Kecamatan:Gebog
Kabupaten:Kudus
Kodepos:59333
Telepon:
Email:bklumpit@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini:61
Kemarin:52
Total:33.144
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.119.131.72
Browser:Mozilla 5.0