Potensi Desa

29 Desember 2023 18:23:24

Admin Klumpit

89 Kali dibaca

Potensi desa merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat serta tersimpan di desa dan semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa atau sebagai modal dasar yang dapat dikelola dan dikembangkan demi kepentingan, kelangsungan dan perkembangan desa. Potensi desa sendiri terbagi menjadi 2 yaitu potensi fisik dan potensi nonfisik.

Potensi fisik

Dimana potensi fisik desa adalah semua sumber daya alam yang terdapat di desa dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keberlangsungan dan perkembangan desa. Adapun potensi fisik desa meliputi beberapa hal diantranya, yaitu:

  1. Tanah, Bagi masyarakat desa tanah adalah tumpuan kehidupan karena merupakan sumber mata pencaharian, bahan makanan, mineral dan tempat tinggal, sehingga tanah merupakan potensi fisik yang sangat penting bagi masyarakat pedesaan. Khususnya di Desa Klumpit luas tanah 337,21 Ha.
  2. Air, Potensi air sangat beragam dan bergantung pada kondisi masing-masing desa. Potensi air secara umum ialah untuk irigasi dan kebutuhan hidup sehari-hari, dimana di Desa klumpit terdapat beberapa sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa yaitu air sungai, sumur, Pamsimas dan PDAM.
  3. Iklim dan udara, Potensi iklim dan udara sangat berperan penting pada desa yang bersifat agraris yaitu desa-desa yang memiliki mata pencarian di bidang pertanian. Alasannya karena iklim berpengaruh terhadap perencanaan waktu terhadap tanam dan jenis tanamannya. Desa sandik memiliki beberpa jenis tanaman pertanian yaitu padi, kedelai, jagung, ketela, kacang-kacangan, beberapa jenis sayur sayuran serta tanaman tebu.
  4. Ternak, Ternak berpotensi sebagai sumber tenaga, bahan makanan dan pendapatan seperti halnya kerbau atau sapi dapat dimanfaatkan oleh petani untuk membajak sawah, dagingnya sebagai bahan makanan dan dapat diperjual belikan untuk menghasilkan uang. Masyarakat Desa sandik memliki beberpa hewan ternak yaitu, sapi, kambing dan ayam atau sejenis unggas lainnya.
  5. Manusia, Desa menyimpan sumber daya manusia yang dapat digunakan sebagai sumber tenaga kerja potensisal baik pengolah tanah berupa batu bata, produsen dalam bidang konveksi, pengrajin gebyok. Selain itu banyak juga masyarakat yang bekerja di perusahaan swasta. 

Jumlah Penduduk Desa Klumpit adalah 13.412 jiwa dengan jumlah 6767 Laki-laki dan 6645 Perempuan. 

Potensi non fisik

Potensi non fisik desa adalah sebuah potensi wilayah yang berkaitan dengan aspek sosial masyarakat desa. Adapun contoh potensi non fisik desa adalah sebagai berikut;
 
  1. Gotong Royong, Adanya Kehidupan yang dilaksanakan dengan gotong royong akan menjadi suatu kekuatan produksi serta pembangunan desa, seperti pembersihan saluran air, pembangunan rumah warga, dan lain-lain.
  2. Lembaga dan Organisasi Sosial, berperan sebagai faktor pendorong partisipasi warga desa dalam kegiatan pembangunan desa secara aktif, seperti: Lembaga Kemasyarakatan Desa (RT, RW, LPMD, PKK, Posyandu), lembaga sosial (Desa Tangguh Bencana/Destana) Klumpit, Gapoktan, KPMD
  3. Aparatur dan Perangkat Desa, Jumlah Aparatur dan Perangkat Desa yang sudah komplit sesuai Perdes SOTK (Susunan Organisasi Tata Kerja) Pemerintahan Desa yakni 3 Kasi dan 3 Kaur dapat mewujudkan kinerja Pemerintahan Desa secara maksimal.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Back Next

Media Sosial

Peta Lokasi Kantor

Alamat:Jl Raya Santren-Klumpit Rt 0302 Desa Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus
Desa :Klumpit
Kecamatan:Gebog
Kabupaten:Kudus
Kodepos:59333
Telepon:
Email:bklumpit@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini:18
Kemarin:96
Total:33.197
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.135.207.129
Browser:Mozilla 5.0